Sales Nissan Balikpapan Kalimantan Timur & Sekitarnya – Kusnin : 08222 0287 555 // 0852 5007 1979 // PIN BB : 7641DC2C

Jumat, 24 April 2015

On 06.20 by Unknown   No comments

By : Trybowo Laksono




Setelah briefing singkat yang dilanjutkan pengenalan racing line oleh tim instruktur Nissan Juke-R, Auto Bild akhirnya masuk ke kabin monster bertampang Compact SUV ini.

Jantung pun berdegup kencang karena kami sadar bahwa Juke-R memiliki performa luar biasa. Ia menggunakan mesin yang sama dengan Nissan GT-R yaitu unit 3.800 cc V6 twin turbo. Melecutkan tenaga 545 dk dan torsi 588 Nm, Juke-R diklaim oleh Nissan mampu melesat 0-100 km/jam dalam 2,8 detik. Literatur itu jelas mengingatkan kami bahwa monster ini tak bisa diperlakukan sembarangan.

Setelah duduk di kabin, kami dipersilahkan untuk mengatur jarak kursi-kemudi agar mendapat titik rileks. Selebihnya kru dari Nissan Eropa yang memberi arahan akan tuas, pedal dan memasang sabuk pengaman 6 titik.

Oh ya, suasana kabin cukup mengintimidasi karena jok bucket itu mengunci mendekap tubuh dengan sangat erat. Ditambah lagi roll cage yang mengurung pengemudi dan penumpang agar aman dari benturan fatal. Satu lagi, ruang kabin tanpa AC terasa sangat panas. Untungnya saat sesi pengetesan matahari di atas Sirkuit Sentul tidak begitu terik sehingga sedikit memberi rasa nyaman.

Kendati berperforma sangar, tapi secara mengejutkan suara mesin dan knalpotnya relatif tenang. Memang lebih kencang dari kebanyakan mobil standar, namun tetap terhitung adem untuk ukuran supercar seperti ini.

Ketika semua siap, instruktur di samping kami memberi aba-aba untuk mempersilahkan kami keluar dari pit. Memasuki sirkuit, di kecepatan sedang sudah tergambar betapa menggigitnya grip yang diberikan Juke-R. Terasa sejak kami cornering di R1, R2, R3 dan seterusnya. Saat gas diinjak lebih dalam, gerak mobil tetap terprediksi tanpa ada gejala understeer atau oversteer.

Di tikungan terakhir sebelum straight, instruktur mempersilahkan kami untuk injak gas penuh agar mendapat sensasi monsternya. Linear dengan injakan penuh pedal gas, saat itu juga gaya-G mendorong tubuh ke jok dan kepala seperti ditarik dari belakang. Juke-R terus berlari dengan buasnya dan meski pandangan tetap fokus ke depan, kami sempat mengintip jarum spidometer yang menyentuh 230 km/jam sebelum menginjak rem di 200 m sebelum R1.



Yang tersisa selanjutnya adalah sensasi. Tikungan demi tikungan kami lakukan dengan menginjak gas lebih dalam. Beda dengan mobil berpenggerak roda depan (FWD) atau belakang (RWD) yang berpotensi understeer atau oversteer, Juke-R yang menggunakan gerak semua roda (AWD) terasa lebih pasti saat menikung. Mobil seperti berada dalam rel karena tidak ada gejala bodi bergeser.

Meski Juke-R bukan mobil paling bertenaga yang pernah kami tes, namun bisa dikatakan inilah salah satu mobil paling sensasional yang pernah kami uji. Apalagi saat tahu bahwa cuma ada 4 Juke-R di dunia.
Informasi Pemesanan
PT. WAHANA LESTARI BALIKPAPAN
NISSAN BALIKPAPAN
HP : 0852 5007 1979
       0822 2028 7555
Pin BB : 7641DC2C
Email  : kusnin79@yahoo.co.id

Senin, 20 April 2015

On 20.17 by Unknown   No comments
By : Susanto Ari P.





Mesin diesel berkembang pesat saat ini. Beragam teknologi terkini digunakan demi mengail tenaga dan torsi puncak terbaik. Seperti yang dipakai oleh Nissan Navara terbaru. Unit dieselnya sudah dilengkapi teknologi katup dan turbo variabel sehingga membuatnya sangat pro aktif dalam menghasilkan tenaga.

Menariknya, aplikasi ECU membuat produsen bisa mengatur tenaga dan torsi yang diciptakan tanpa perlu mengubah rancang bangun mesin. Tak heran jika Navara terbaru memiliki mesin dengan 2 tenaga berbeda. Yang pertama, unit 2.488 cc 4 silinder ‘hanya’ sanggup menghasilkan tenaga 163 dk di 3.600 rpm dan torsi  403 Nm di 2.000 rpm. Mesin ini dipakai oleh tipe SL dengan pilihan transmisi hanya manual 6-speed.

Mesin paling bertenaga didedikasikan untuk model flagship VL. Masih dengan mesin 2.488 cc 4 silinder, tenaga yang diciptakan mencapai 190 dk di 3.600 rpm dan torsi 450 Nm di 2.000 rpm. Untuk transmisi tersedia pilihan manual 6-speed dan otomatis 7-speed.

PT. WAHANA LESTARI BALIKPAPAN
( Nissan Balikpapan )
KUSNIN
Sales Executive
HP : 0852 5007 1979
       0822 2028 7555
Pin BB : 7641DC2C
email   : kusnin79@yahoo.co.id
On 07.54 by Unknown   No comments
Nissan Navara VL transmisi manual 6-speed ini mendapatkan mesin 2.488 cc 4 silinder, dengan tenaga 190 dk di 3.600 rpm dan torsi 450 Nm di 2.000 rpm. Di bawahnya terdapat tipe SL dengan mesin serupa hanya saja tenaganya lebih kecil.

Pengatur jok elektris memudahkan kami mendapatkan posisi duduk terbaik. Setir juga terasa pas ketika digenggam. Butuh waktu untuk terbiasa dalam memindahkan gigi mundur (R) Navara. Anda harus menekan tuas ke bawah dan menarik ke arah kanan sampai mentok. Lanjut dengan menariknya ke belakang. Butuh dilatih dulu sebelum terbiasa.

Lonjakan tenaga begitu terasa saat pedal kopling dilepas. Deru khas mesin diesel terdengar jelas. Tapi justru itu yang memacu adrenalin. Aksi memindahkan gigi juga berlangsung mudah. Sayang area yang kami pakai terbatas. Termasuk juga belum sempat menguji sistem 4x4 Navara.

Meski begitu, peruntukan utama Navara adalah sebagai mobil barang. Tak heran jika redaman suspensinya terasa keras. Manuver terbatas bukanlah impian pengguna jalan biasa. Keberadaan footrest ada baiknya. Tapi membuat kaki kiri harus bergeser ke kanan untuk menginjak pedal koling.

Bicara lifestyle, Navara VL sangat pantas untuk mobil perkotaan. Memang harga Navara VL tidak lagi 'murah'. Transmisi manual 6-speed dihargai Rp 415 juta dan matik 7-speed mencapai Rp 430 juta.