Sales Nissan Balikpapan Kalimantan Timur & Sekitarnya – Kusnin : 08222 0287 555 // 0852 5007 1979 // PIN BB : 7641DC2C

Senin, 13 Mei 2013

On 02.30 by Unknown   No comments

Upgrade Speaker Nissan Evalia




Kualitas audio di people carrier Nissan ini sebenarnya cukup memadai. Mengandalkan head unit JVC yang berperan sebagai DVD player dan menyediakan input USB dan aux-in. Ia dipadu dengan 4 buah speaker midrange di kabin depan dan belakang.

Sayangnya, dari keempat sumber suara tersebut hanya digerakan satu jenis speaker. Alhasil, rentang frekuensi yang perlu dicapai speaker menjadi begitu luas sehingga untuk meningkatkan kualitas otomatis perlu speaker yang memiliki spesifikasi lebih spesifik. Sesuai dengan pepatah di atas, bila speaker berbagi tugas, maka kualitas suara yang dihasilkan akan semakin baik.

MEMILIH SPEAKER

Speaker dengan sistem 2-way atau 3-way bisa menjadi pilihan karena mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih baik ketimbang jenis coaxial. Meski kompensasinya adalah harga yang lebih mahal.

Dalam satu paket speaker jenis ini, sudah dilengkapi dengan crossover pasif yang bertugas untuk membagi “beban kerja” tiap speaker sesuai spesifikasi atau kemampuan frekuensi yang dicapai. Jadi rentang frekuensi 20 Hz-20 kHz tidak lagi disuplai dari sebuah speaker.

Ditipe 2-way biasanya terjadi pemotongan frekuensi di 1,5 kHz – 6 kHz. Jadi tweeter hanya bertugas menghasilkan frekuensi di atas angka potong tersebut dan speaker midrange bertugas di bawah frekuensi potong tersebut. Nah untuk jenis 3-way akan lebih ringan lagi. Sebab di frekuensi rendah akan kembali dipotong di rentang 200 – 600 Hz.

Untuk Evalia, jenis 2-way sudah mencukupi untuk diterapkan. Selain simpel, kualitas yang dihasilkan sudah cukup terasa perbedaannya. Apalagi head unit JVC telah menyediakan equalizer parametric 3 band. Efeknya, ganguan yang sering terjadi pada rentang frekuensi 500 Hz – 6 kHz dapat direduksi.

Nah, jika menggunakan sistem 2-way, penempatan tweeter bisa diletakkan di atas dasbor sisi kiri-kanan pojok. Sedangkan speaker midrange, ditempatkan di lokasi speaker di panel pintu. Sementara jika menggunakan sistem speaker 3-way, penempatan woofer di panel pintu. Lalu tweeter dan midrange ditempatkan di area atas dasbor.

PERLU POWER AMPLIFIER

Bertambahnya speaker, otomatis memerlukan suplai daya yang lebih kuat. Daya pada head unit standar yang sangat terbatas membuat Anda memerlukan power amplifier agar speaker mampu bekerja optimal. Power amplifier 4 channel sudah memadai untuk digunakan pada sistem ini.

Peningkatan kualitas audio pun masih dapat dilakukan dengan penerapan subwoofer aktif dengan bentuk pipih. Dentuman bass kian terasa tanpa mengorbankan kabin lantaran bentuknya yang pipih sehingga bisa disematkan pada kolong jok pengemudi. Subwoofer jenis ini pun telah dilengkapi dengan power amplifier built-in sehingga lebih simpel.

Tak kalah penting adalah penambahan peredam pada daerah sekitar speaker. Apalagi Evalia memang dirancang sebagai mobil dengan harga terjangkau sehingga minim peredaman. Plus bidang pintu yang besar kian rentan terjadinya vibrasi yang dapat mengganggu suara dari speaker.

“Dengan penambahan peredam akan membuat pintu lebih rigid dan seolah-olah berfungsi sebagai boks agar suara yang dihasilkan speaker menjadi lebih optimal,” terang Zasum, pemilik Pesona Audio di bilangan Kelapa Dua, Jakarta Barat.
 




0 komentar:

Posting Komentar