Sales Nissan Balikpapan Kalimantan Timur & Sekitarnya – Kusnin : 08222 0287 555 // 0852 5007 1979 // PIN BB : 7641DC2C

Jumat, 20 Juni 2014

On 06.16 by Unknown   No comments

Mencoba Datsun Go+ Panca Termahal di Indonesia

By : Pekik Udi Irianto



Usai memperoleh kesempatan eksklusif beberapa pekan lalu, kini Auto Bild kembali mencoba kendaraan baru berharga murah di Indonesia. Datsun GO+ Panca kini diuji pada jalur menantang untuk unjuk kebolehan dapur pacu yang dimilikinya.

Bermodalkan mesin 1.198 cc 4-silinder tanpa teknologi katup variabel, hanya mampu menghasilkan tenaga 67 dk dan torsi sebesar 104 Nm. Wajar bila Datsun mengejar bodi seringan mungkin – 812 kg – untuk memperoleh power to weight ratio yang memadai. Lalu bagaimana performanya saat di jalan menanjak?

Kami pun memilih flagship dari unit tes GO+ Panca saat Media Test Drive di Cirebon (21-23/5). Bila dibandingkan dengan tipe lainnya, T Option memiliki perbedaan pada headunit single DIN, roof spoiler dan sensor parkir sebagai kelengkapan standar.

Saat kunci kontak diputar, suara khas mesin 3-silinder terdengar menyusup masuk ke kabin. Sangat wajar mengingat peredaman minim dia-dopsi Datsun untuk mereduksi harga jual.

Melaju di rute dalam kota, kami mencoba mengikuti petunjuk pergantian gigi yang tertera di spidometer. Perpindahan gigi terjadi dikisaran 2.000 – 2.500 rpm. Final gear 4,353 di transmisi manual 5 percepatan terasa pas untuk menjaga kelincahan GO+ di lalu lintas perkotaan.

Pun begitu saat melintas di rute tol Cirebon. Saat di jalan lengang, GO+ mampu mencapai kecepatan maksimum 140 km/jam. Kejutan hadir dengan minimnya gejala melayang la­yaknya mobil berbodi ringan. Artinya, koalisi Nissan-Renault tetap hadir pada Datsun GO+.

Memasuki rute menanjak menuju kaki gunung Ceremai, GO+ tetap dapat diandalkan. Meski panduan perpindahan gigi tak dapat lagi digunakan, GO+ memerlukan shifting di rentang 2.500 – 3.000 rpm agar dapat melaju tenang.

Di interior, posisi duduk pengemudi yang rendah memberikan kenyamanan berkendara. Apalagi bantingan suspensi lembut disertai dengan ruang kaki memadai untuk penum­pang depan dan tengah. Sedangkan bangku baris ke-3 lebih diperuntukan pada kursi anak atau diubah sebagai ruang penyimpanan. Konsep inilah yang membuat Datsun GO+ mene­rapkan komposisi 5+2 dan bukan 7-seater.

Keunggulan lainnya terdapat pada penerapan teknologi throttle by wire. Jadi meski mobil murah, GO+ sudah tidak lagi menggunakan kabel gas. Pun begitu dengan fitur MID yang mampu memantau penggunaan konsumsi BBM rata-rata. Follow Me Home kian menawarkan perbedaan dari kompetitornya.

Tapi keluhan hadir pada penerapan headrest di bangku baris kedua. Posisinya terasa kurang nyaman dalam menyanggah kepala orang dewasa. Begitu pula dengan ketidakhadiran airbag dan rem ABS serta pilihan transmisi otomatis.
Rival
Toyota Agya G M/T

Mesin: 998 cc 3-silinder ,65 dk
0-100 km/jam: N/A
Harga: Rp 107,15 juta

+ Pelek alloy 14 inci ,audio double DIN,
- Harga, tanpa bangku baris ke-3

First Opinion
Aura Nissan tetap hadir pada Datsun GO+ Panca. Filosofi pada kenyamanan suspensi tetap dipertahankan. Ditambah daya angkut yang dipadu dengan fitur throttle by wire, MID dan Follow Me Home serta harga Rp 102,9 juta membuat GO+ Panca menjadi begitu bernilai. Semoga tambahan rem ABS, airbag serta pilihan transmisi otomatis segera direspon oleh Datsun.

Sekilas Pandang
- Garansi 3 tahun/100.000 km
- Tersedia 5 tipe: D, A , A Option , T dan T Option
- Tipe T telah dilengkapi immobilizer



Pusat Informasi dan Pemesanan hub :
KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
0542 - 5657129
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar