Sales Nissan Balikpapan Kalimantan Timur & Sekitarnya – Kusnin : 08222 0287 555 // 0852 5007 1979 // PIN BB : 7641DC2C

Sabtu, 21 Desember 2013

On 06.33 by Unknown   No comments

Mana Lebih Bagus Nissan Serena, Mazda Biante atau Toyota Nav1?

By : Tim Autobild




Di ajang Auto Bild Awards 2012 lalu, semua MPV yang berada di rentang harga Rp 300 jutaan dan bermesin 2.000 cc-an masuk ke kelas Medium MPV. Saat itu Mazda Biante muncul sebagai pemenang. Timing peluncuran yang pas membuatnya tidak menemui lawan berarti saat itu.

Sebenarnya sudah ada pertimbangan untuk memisahkan Biante dengan rival lainnya mengingat berbedanya konsep desain. Hanya saja pada saat itu belum ada lawan sepadan dan kami menganggap itu sebagai privilege Biante.

Sampai akhirnya mendarat Nissan Serena generasi ke-3, dan Toyota Nav1 di akhir tahun 2012. Keduanya memiliki konsep serupa Biante. Kelasnya diposisikan lebih tinggi dari Medium MPV. Model seperti ini sudah jamak di Jepang dengan sebutan High Roof MPV.

Saatnya untuk memisahkan ketiga MPV ini dengan petarung lain. Disepakati, mereka membentuk kelas baru berlabel High MPV. High bisa berarti bodinya yang tinggi. Tapi lebih tepatnya, High menyatakan kelasnya satu tingkat di atas Medium MPV.

Tinggal menghitung hari sebelum Auto Bild Awards 2013 digelar. Kelas baru jelas menawarkan pertarungan seru. Apalagi ketiganya secara garis besar sa­ngat mirip. Baik dari segi desain, akomodasi, mesin, harga, hingga pengalaman berkendara.

Meski begitu, tetap ada karakter khas masing-masing produk yang menjadi nilai jual utama mereka. Oleh karena itu, kami percaya pertarungan akan berlangsung sangat ketat.

Sebenarnya, di awal tahun ini ketiganya sudah pernah beradu di kelas Medium MPV. Saat itu yang menjadi jawara adalah Nissan Serena. Nah, di ajang IIMS 2013 lalu, Mazda meluncurkan model baru Biante bermesin SKYACTIV. Inilah momen terbaik untuk mempertemukan ketiganya di kelas baru, High MPV. Siapa yang pantas merajai kelas baru ini?


Pertarungan Kunci : Mesin dan Transmisi Baru

Mazda Biante mengusung mesin serta transmisi baru yang diberi label SKYACTIV. Walau beda tenaga dan torsinya tidak begitu banyak, Biante SKYACTIV mencapainya di putaran mesin lebih rendah.

Oleh sebab itu, Biante lebih supel di jalan serta memiliki konsumsi BBM lebih irit. Transmisi otomatisnya sendiri kini menjadi 6-speed de­ngan perpindahan gigi lebih cepat. Masalahnya, dua rivalnya juga memiliki teknologi penerus daya yang tak kalah modern.

Baik Serena maupun Nav1 tetap mengandalkan mesin katup variabel dan transmisi supel CVT. Teknologi direct injection dikolaborasikan dengan katup variabel di Serena. Tenaganya paling kecil di sini, tapi torsinya paling besar.

Lain dengan Nav1. Ia mengandalkan teknologi katup variabel canggih bertajuk Valvematic. Bersinergi dengan Dual VVT-i, sistemnya diklaim membuat efisiensi mesin meningkat. Di atas kertas, tenaganya paling besar ketimbang rivalnya. Demi kehalusan berkendara, Nav1 dilengkapi transmisi sabuk baja.

Mana diantara ketiganya yang paling efektif mendistribusikan tenaga?

Pusat Informasi dan Pemesanan Hubungi :
KUSNIN_NISSAN

0852 5007 1979
0542 - 5657129

Pin BB : 7641dc2c
email    : kusnin79@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar