Sales Nissan Balikpapan Kalimantan Timur & Sekitarnya – Kusnin : 08222 0287 555 // 0852 5007 1979 // PIN BB : 7641DC2C

Senin, 06 Januari 2014

On 20.53 by Unknown   No comments

Mengetes Nissan March 1.500 cc

By : Susanto Ari P





Proporsi bodinya tidak ber­ubah dari yang lama. Beberapa sentuhan membuatnya terlihat semakin dewasa. Seperti pada desain gril yang langsung mengingatkan pada X-Trail. Lebih besar dan mewah dengan aksen krom.

Desain bumper terlihat lebih modern dan dinamis. Sentuhan foglamp dan lubang udara besar membuat wajahnya lebih dominan di jalan. termasuk juga redesain lampu depan yang lebih menyiku di depan.

Wajah March terbaru tampak lebih mapan. Mungkin ini upaya dari Nissan untuk menggaet segmen pembeli lebih tinggi, yakni keluarga muda yang butuh mobil fungsional, bergaya, tapi tidak terlalu imut. Nah, untuk tetap menjaga loyalitas anak muda, diusunglah warna pink ini sebagai hero color.

Ke belakang, sentuhan perubahan langsung terlihat pada desain lampu. Bumper belakang mengalami renovasi mengikuti pakem bumper depan yang lebih dinamis. Oh ya, tak lupa, pelek alloy dan desain spion samping ikut direvisi.

Sedikit keunikan tampak pada panel yang menempel di pintu bagasi dan menutupi sisi atas bumper. Kami menganggap ini sebagai upaya Nissan mereduksi kotoran yang kerap menempel saat hujan. Memang membuatnya terlihat lebih manis, tapi jika sambungannya kurang rapi akan mengurangi nilai estetika.

Masuk ke dalam, kesan dewasa kembali mencuat. Kelir ala piano di tengah dasbor adalah buktinya. AC climate control dan audio terintegrasi adalah sentuhan kemewahan berikutnya. Desain setir juga diubah, plus tombol kontrol audio di sisi kiri kemudi.

Upaya personalisasi terlihat pada MID di tengah panel instrumen. Terdapat pengingat untuk ulang tahun atau perayaan lainnya. Sederhana, tapi sentuhan simpel ini akan meninggalkan kesan unik pada pemiliknya.

Kedewasaan desain juga terli­hat pada corak jok yang lebih ber­­kelas. Pun dilengkapi ar­mrest untuk pengemudi. Panel pin­tu ju­ga tampak lebih kokoh dan mewah.

Bicara akomodasi, karena tidak berubah secara dimensi, kapasitas kabinnya masih serupa tipe 1.2. Di sini, suka atau tidak, March harus menyerah pada ras murni 1.5 seperti Honda Jazz atau Ford Fiesta.

March mendapatkan lungsur­an mesin milik Grand Livina la­was yang belum dilengkapi tek­nologi dual injector. Karena itu pula, ia belum dilengkapi trans­misi matik CVT. March 1.5 masih menggunakan transmisi matik 4-speed.

Unit 1.498 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 109 dk dan torsi 148 Nm. Disandingkan dengan gigi satu besar membuat akselerasi terasa kuat. Begitu juga dengan akselerasi tengah. Bersinergi dengan bodi mungil, tak sulit baginya untuk berjibaku di tengah kepadatan jalan.

Pengendaliannya juga terbilang mengasyikkan. Mobil cukup lincah ketika manuver cepat. Pindah jalur dapat dilakukan dengan sigap. Tarikan tenaga besar memang membuatnya lebih mudah understeer. Meski demikian, masih dapat dikendalikan dengan mudah.

Kami merasakan karakter ban­tingan yang tidak berbeda dari model 1.2. Suspensi masih cukup lembut, walau goncangan cukup terasa ketika terantuk lubang. Tapi untuk sebuah Small Hatchback masuk dalam taraf wa­jar mengingat pendeknya wheelbase.

Mesin besar tidak cukup untuk memberikan nilai lebih bagi March. Makanya, ia diberikan fitur tambahan. Seperti rem ABS, dual airbags, smart key serta tombol Start/Stop untuk menyalakan mesin. Tak cukup, March diserahi kontrol traksi bertajuk Vehicle Dynamic Control (VDC) yang dapat dimatikan via tombol.

Berapa harga untuk semua itu? Mestinya tak lebih dari Rp 197 juta. Cukupkah itu untuk mendong­krak nama Nissan March?
Rival
Honda Brio 1.3 E A/T

Mesin: 1.339 cc 4 silinder, 100 dk
0-100 km/jam: 11,66 detik
Harga: Rp 182 juta

+ Desain modis, harga, fun to drive, kehematan
-  Performa, bagasi sempit, tanpa kontrol traksi

First opinion
Bodi Small Hatchback disesaki mesin Compact Hatchback, menjelmalah sebuah mobil mungil dengan performa mengasyikkan di jalan. Desain ulang wajah membuatnya lebih segar dan dewasa. Pun tambahan beberapa fitur menaikkan value-nya. Tak cukup, harga jual di bawah Rp 200 juta jelas sangat menggiurkan

Sekilas Pandang
- Ada pilihan model 1.5 M/T dan 1.5 A/T
- Model 1.2 tetap dijual seperti biasa, tapi dengan wajah yang sudah berubah ala tipe 1.5
  

Pusat Informasi dan Pemesanan Hubungi :

KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0542 -5657129

Pin BB : 7641DC2C
email : kusnin79@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar